Rabu, 08 Oktober 2008

Creative Brief MacBook


CREATIVE BRIEF

MacBook

Oleh :

· Nuraini Cassandra

· Rinda Permata Sari

Advertising X – 2B

Januari 2007

REASON

Apple Corporation merupakan sebuah perusahan yang sangat maju dan berkembang dalam dunia teknologi, khususnya komputer. Apple Corporation juga telah berhasil merajai bidang teknologi komputer ini dengan produk Macintosh yang berupa laptop di tahun 1990an dengan keunggulan laptop pertama yang sangat susah terkena virus. Seiring perkembangan zaman yang sangat modern, masyarakat lebih menginginkan sesuatu yang baru lebih dari sekedar laptop yang hanya digunakan untuk bekerja saja. Hingga pada akhirnya kopetitor- kompetitor dari Apple Corporation mengeluarkan komputer model baru yang berjenis notebook. Namun, notebook- notebook yang dikeluarkan oleh kompetitor dari Apple Corporation tersebut memiliki kelemahan- kelemahan yang bukan hanya membuat para penggunanya lebih kesulitan dalam memakai produk tersebut tetapi juga model dan warna serta elemen- elemen pendukung dari notebook tersebut yang dapat dikatakan sama seperti laptop yang telah ada sebelumnya. Selain itu, program- program yang ada juga tidak seperti yang konsumer inginkan.

Melihat hal tersebut, Apple Corporation kembali mengeluarkan produk terbarunya berupa notebook yang diberi nama MacBook. Produk notebook ini mempunyai keunggulan yang diambil dari kelemahan notebook- notebook yang dibuat oleh kompetitor Apple Corporation lainnya, seperti memori yang cukup besar, sulit untuk terkena virus, ukurannya yang sangat tipis dengan berat yang ringan, dan modifikasi program- program yang sangat moderen yang hanya dimiliki oleh produk dari Apple Corporation serta warna- warna yang sangat keren dan dinamis jika dibawa kemanapun. Apple Corporatin juga bekerja sama dengan perusahaan yang mendukung kecanggihan dari produk MacBook ini baik dari software maupun hardware yang ada dan digunakan di MacBook ini. Berdasarkan hal- hal yang ada tersebut, maka Apple Corporation membuat kampanye peluncuran produk baru.

OBJECTIVE

Selain melihat alasan- alasan yang ada dalam membuat kampanye promosi ini, kampanye promosi ini juga memiliki target yang merupakan tujuan dari pembuatan kampanye promosi ini. Target dari kampanye promosi ini adalah agar konsumer atau masyarakat mengetahui bahwa ada notebook yang memiliki keunggulan lebih dari notebook- notebook lainnya yang sudah ada di pasaran, yaitu MacBook yang dibuat oleh Apple Corporation. Selain itu, kampanye promosi ini juga diharapkan dapat memberikan informasi- informasi yang dibutuhkan oleh konsumer mengenai produk MacBook dan juga mengetahui keunggulan- keunggulan serta cara kerja dari produk MacBook ini dibandingkan dengan produk notebook lainnya yang dibuat oleh kompetitor dari Apple Corporation. Setelah mengetahui informasi mengenai kelebihan dan bagaimana cara kerja dari MacBook ini di bandingkan dengan produk notebook lainnya, diharapkan para konsumer tertarik dengan produk MacBook ini dan menjadikan produk MacBook ini sebagai produk notebook pilihannya.

TARGET MARKET

Dalam melakukan kampanye promosi ini, yang menjadi target pemasarannya dapat dilihat dari beberapa segi atau aspek yang mendukung seperti segi demografi, motivasi, psycografi, sagacity, dan demogeografi.

1. Sex / Jenis Kelamin : Pria dan Wanita

Jenis kelamin yang dipilih ialah pria dan wanita karena MacBook ini dapat digunakan oleh kedua jenis kelamin tersebut dan tidak memiliki sesuatu yang dibedakan antara kedua jenis kelamin tersebut dalam menggunakan produk MacBook ini. Selain itu juga tidak adanya lagi perbedaan antara pria dan wanita dalam segi kebutuhan akan teknologi pada era sekarang ini.

2. Umur : 18 tahun – 35 tahun

Umur antara 18 tahun sampai 35 tahun dipilih karena secara psikologis orang pada usia tersebut masih memiliki keinginan yang sama yaitu masih ingin tampil gaya dan terlihat moderen di tengah- tengah komunitasnya serta memiliki ketertarikan yang sama pada suatu produk walaupun dari cara pandang yang berbeda. Karena alasan itulah maka dalam kampanye promosi produk MacBook kali ini memlih rentang usia 18 tahun sampai 35 tahun.

3. Status Sosial dan Ekonomi : B+ - A

Status sosial dan ekonomi B+ sampai dengan A yang dipilih karena produk MacBook yang dikeluarkan memiliki harga yang tinggi dalam penjualannya sehingga kemungkinan hanya orang- orang yang memiliki status ekonomi menengah ke atas yang dapat membeli dan menggunakan produk MacBook tersebut. Selain itu juga, orang- orang dengan status sosial dan ekonomi dalam golongan tersebut juga memiliki keinginan yang sama dan cara pandang yang hampir sama mengenai suatu produk teknologi.

4. Pendidikan : SMA dan Universitas

Pendidikan yang dipilih adalah SMA dan Universitas karena MacBook tersebut memiliki program- program yang mendukung dan berguna serta diperlukan oleh orang- orang dengan pendidikan tersebut. Program- program tersebut seperti program office dan desain dengan kapasitas memori yang cukup besar untuk menyimpan data- data tersebut.

5. Wilayah Tempat Tinggal : Jakarta, Surabaya, dan Bandung

Wilayah tempat tinggal yang dipilih adalah Jakarta, Surabaya, dan Bandung kerena kota- kota tersebut merupakan pusat kota yang sangat memegang peranan vital dalam dunia pendidikan di Indonesia dan juga banyak orang- orang dengan status sosial menengah ke atas yang tinggal di kota- kota tersebut. Selain itu, kota- kota tersebut juga memiliki orang- orang yang sangat peduli dengan perkembangan teknologi yang ada di masyarakat baik di luar maupun di dalam negeri.

6. Motivasi : Suka dengan iklan- iklan yang memiliki pendekatan rasional

Kampanye promosi ini ditujukan untuk orang- orang yang tidak hanya dapat terbuai dengan pendekatan emosional tetapi juga memikirkan sesuatu yang rasional. Hal ini disebabkan oleh rasa kecewa yang akan timbul dalam masyarakat jika mereka hanya mementingkan rasa emosionalnya saja namun tidak memikirkan dampak rasional atau kenyataan- kenyataan yang ada jika ia membeli atau memakai produk yang dipromosikan.

7. Gaya Hidup : Suka dengan sesuatu yang baru, suka dengan teknologi yang baru, aktif, dinamis, sering

menghabiskan waktu di luar rumah

Gaya hidup yang suka dengan sesuatu yang baru dan suka dengan teknologi yang baru dapat meningkatkan keingin seseorang dalam membeli produk teknologi baru seperti yang dikeluarkan oleh Apple Corporation, yaitu MacBook. Selain itu orang- orang yang aktif, dinamis, dan sering menghabiskan waktu di luar sangat cocok untuk menggunakan produk MacBook karena MacBook sangat cocok dan sangat ringan untuk dibawa kemana- mana serta sangat mencerminkan sifat dinamis dan aktif dari orang tersebut.

8. Pekerjaan : Mahasiswa dan karyawan dengan pendapatan minimal Rp 4 juta/ bulan

Mahasiswa dan karyawan khususnya yang memiliki kepentingan dan spesifikasi pekerjaan yang berhubungan dengan desain atau pun memerlukan kapasitas penyimpanan data dalam jumlah yang cukup besar akan menggunakan jenis komputer yang cukup canggih dan mudah untuk dibawa kemana- mana. Selain itu, pendapatan yang dihasilkan sebesar Rp 4juta / bulan sangat menentukan ketertarikan mereka untuk membeli produk MacBook yang dapat membantu mereka dalam mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan mereka.

COMMUNICATION STRATEGY

Dalam melakukan kampanye promosi, produk MacBook yang dikeluarkan oleh Apple Corporation menggunakan slogan “Race You to The Future”. Slogan ini diambil karena Apple Corporation ingin menyampaikan kepada target audience yang dimiliki bahwa produk baru mereka, yaitu MacBook dapat menjadi jalan untuk mereka menuju ke masa depan dan juga dapat membawa mereka melihat masa depan yang baik dan cerah ditentukan dari apa yang mereka gunakan dan pilih pada saat ini. Masa depan mereka tidak bisa mereka tentukan pada saat nanti ketika mereka sudah berada di masa depan tersebut.

Hal tersebut terinspirasi dari kata- kata bijak yang mengatakan waktu yang ada adalah sekarang karena yang dahulu sudah lewat dan yang akan datang merupakan impian yang harus ditentukan dari sekarang. Maka, berdasarkan kata- kata bijak tersebut dapat dikatakan waktu yang ada pada saat sekarang ini adalah sebuah pijakan dari waktu di masa depan. Selain itu juga, bila kita ingin sesuatu yang baik di masa depan, maka kita harus memilih sesuatu yang baik juga dari sekarang dan masa depan tidak akan menjadi sulit untuk dilihat arahnya.

Alasan- alasan di atas menjadi sebuah acuan bahwa slogan “Race You to The Future” sangat cocok untuk produk teknologi seperti MacBook yang merupakan landasan atau pijakan untuk kita masuk ke masa depan yang lebih baik.

RATIONALE

Dua orang sahabat yang sangat suka dengan perkembangan teknologi khususnya komputer (diperankan oleh Tika dan Tiwi T2/ Dhea Ananda dan Leony/ Ayusita dam Masayu/ yang lainnya yang memiliki kesenangan akan sebuah teknologi khususnya komputer serta mencerminkan gaya hidup yang moderen, aktif dan dinamis, serta sering berada di luar rumah) sedang bingung mencari- cari produk komputer yang bias dibawa kemana- mana dan memiliki keunggulan yang sangat berbeda dengan komputer lainnya seperti memiliki memori yang besar, ringan, tidak mudah terkena virus, dan memiliki warna yang sangat menarik. Hal ini dikarenakan kenangan buruk masa lalu mereka dengan komputer yang sangat rentan terkena virus, tidak bisa dibawa kemana- mana dan hanya terdapat warna yang standart.

Kerana tuntutan profesi mereka yang mengharuskan mereka untuk berada di luar rumah setiap hari, maka mereka memutuskan untuk membeli computer baru yang dapat memenuhi dan memahami kebutuhan mereka. Mereka mencari- cari komputer yang seperti itu tapi tidak mendapatinya. Hingga suatu saat mereka pergi ke sebuah pusat perbelanjaan dan melihat sebuah toko yang bernama Apple Retail Store. Di sana mereka mendapatkan computer yang mereka impi- impikan selama ini yaitu computer dalam bentuk notebook yang sangat tipis dengan keunggulan- keunggulan yang mereka inginkan. Notebook tersebut bernama MacBook yang dikeluarkan oleh Apple Corporation. Mereka akhirnya membeli notebook tersebut dan pulang ke rumah dengan senang. Mereka merasa menjadi lebih terlihat dinamis dan juga lebih percaya diri karena mereka menggunakan MacBook tersebut. Diakhir terdapat slogan MacBook, “Race You to The Future”.

RADIO SCRIPT

Suara pembuka : suara burung berkicau diiringi dengan suara kesibukan kota pada pagi hari.

(Sound Effect [EFX] – suara setting alat- alat untuk syuting dengan volume kecil disertai dengan suara orang pertama)

Suara pertama (Ana/….): [Suara ceria] Selamat pagi, Neng? Kok telat lagi?

Suara kedua (Desi/….): [Suara kesal] Iya nih. Kemarin pulang ga bisa langsung tidur. Banyak tugas terus computer juga kena virus. Ahhhhh…..pokoknya BT!!!!

Suara pertama (Ana/….): [Suara tenang] Ga usah BT gitu dong.. Ntar pulang gue temenin deh beli komputer baru…

Suara kedua (Desi/….): [Suara kesal] Ah semua komputer kan sama aja.. Ga bias dibawa kemana- mana jadi tetep aja gue ga bias kerjain tugas pas break syuting..

Suara pertama (Ana/….): [Suara tenang] Yah kita cari dulu aja….

(EFX – suara kesibukan di dalam mall)

Suara kedua (Desi/….): [Suara ragu] Lu yakin ada di sini?

[ Suara tenang tapi meyakinkan] Ya… kita cari aja…

[Suara menggumam] Apple Retail Store….?? Kita ke situ yuk…

Suara kedua (Desi/….): [Suara bingung] Ayo… Emang ada apaan?

Suara pertama (Ana/….): Kata temen gue sih di situ jual komputer yang canggih punya terus kualitasnya juga terjamin.. Kita lihat aja yuk…

(EFX – melodi lagu “You’re Beautiful” James Blunt bagian reff)

Suara kedua (Desi/….): [Suara senang bercampur kagum] MacBook? Apple? Wah ini sih gue banget.. Liat deh, An.. Tipis banget trus juga lu liat deh kelebihannya.. Ga gampang kena virus terus juga program yang gue mau udah ada semua.. Ini sih gue musti beli.. Harganya juga sebanding banget sama kualitasnya..

Suara pertama (Ana/….): [Suara sombong] Berarti temen gue bener dong… MacBook emang oke punya.. Kalo mau sukses musti pake MacBook nih…

Suara orang ketiga (Cowok): [Suara tegas dan berwibawa] MacBook… Race You to The Future

ENDS

Tidak ada komentar: